Monday, June 8, 2020

TANDA CINTA KEPADA NABI MUHAMMAD SAW.

Pada suatu hari ada seorang Arab badui datang menemui Rasulullah Saw. Lelaki badui itu berkata, “Wahai Rasulullah, kapan datangnya hari kiamat itu?”. Beliau Saw menjawab, “Apa yang sudah kamu persiapkan untuk menyambut datangnya kiamat?”

Orang tersebut dengan sigap menjawab, “Ya Rasulullah, aku tidak memiliki persiapan apapun utuk menyambut datangnya hari tersebut, hanya saja aku mencintaimu lebih dari apapun", dengan senyum Rasul Saw menjawab “Sesungguhnya kamu akan bersama dengan yang kamu cintai.”

Cerita yang diriwayatkan oleh Anas bin Malik tersebut memberikan sebuah gambaran kepada kita betapa besar dan agungnya mencintai Nabi SAW, bahkan tidak berlebihan jika mencintai Nabi merupakan inti dari ajaran islam. 

Mencintai Rasulullah SAW bukan hanya jalan menuju kesuksesan total tapi dapat membentuk hidup kita untuk menjadikan kita manusia yang lebih baik. Dengan demikian, setiap orang beriman harus memiliki kadar cinta yang besar kepada Nabi Saw. 

Namun demikian, tidak banyak yang tahu bahwa mencintai itu bukan sekadar ucapan kata-kata. Cinta butuh bukti, begitu pula kecintaan kita kepada Nabi Saw membutuhkan bukti. 

Oleh karena itu wajib bagi setiap muslim untuk mengetahui bukti dan tanda kecintaan kepada Nabi Muhammad Saw. Tanda-tanda tersebut adalah :

1. Banyak Bershalawat kepadanya.

Shalawat ditunjukan kepada Rasullullah Saw sebagai bukti cinta dan hormat kita pada Rasulullah SAW. Shalawat juga merupakan doa para malaikat, bahkan Allah SWT memerintahkan malaikat untuk mendoakan mereka yang bershalawat, sebagaimana yang tergantung dalam firman-Nya surat Al-Ahzab ayat 56.

اِنَّ اللّهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلُّونَ عَلَى النَّبيِ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا صَلُّو ا عَلَيْهِ وَسَليِمُوا تَسْلِيمًا

Artinya : “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatan kepadanya.” (QS. Al-Ahzab : 56)

2. Meneladi Akhlak dan Perilaku Rasul Saw

Cinta yang sebenarnya adalah meniru yang kita cintai, mengikuti kepribadiannya dan menjadikannya bagian dari diri kita sendiri. 

Begitu pula, Cinta yang sebenarnya kepada Rasulullah Saw adalah dengan cara meneladi dan meniru seluruh perilaku dan akhlak beliau. Semua perilaku Nabi merupakan sumber keteladanan bagi kita, dan sebagai bukti cinta kita kepadanya, cinta wajib bagi kita untuk meneladani seluruh perilaku beliau.

3. Mempelajari Sirah Nabi Muhammad Saw

Suatu tanda bukti kecintaan kita kepada Nabi Saw adalah dengan membaca dan mengetahui lebih banyak tentang beliau Saw, yaitu dengan mempelajari sirah atau sejarah tentang beliau. 

Dengan mempelajarai sirahnya, kita akan mengetahui bagaimana karakter, akhlak, perilaku, cara beliau berbicara, cara beliau makan dan sebagainya. Dan ini pasti juga akan meningkatkan kecintaan kita kepada beliau Saw.

4. Mencintai apa yang dicintainya

Inilah tingkat kasih sayang tertinggi, yang memaksa seseorang untuk mencintai segala sesuatu dan semua orang yang dicintai kekasih kita. Lalu apa yang dicintai oleh rasul Saw sehingga juga harus kita cintai. 

Rasul Saw adalah manusia agung yang sangat taat kepada perintah Allah dan sangat tekun beribadah kepada-Nya. Maka sudah sepantasnya sebagai bukti kecintaan kita kepada Rasul SAW, kita meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT dan terus meningkatkan intensitas ibadah kita.

Begitu pula, Rasul Saw sangat mencintai keluarga serta para sahabatnmya. Maka kita harus berupaya pula untuk mencintai keluarga dan juga para sahabatnya.

No comments:

Post a Comment